Berenang sungguhan di Umbul Ponggok, Klaten

Ceritanya liburan selagi weekend hahaha. Berangkat dari Jogja sekitar jam 6.30 menuju Jalan Raya Solo – Jogja yang kalo pagi Masya Allah rameeenya. Belum lagi aku ga pakai masker terus kaca helm yang kalo ditutup malah burem ga keliatan jalannya :joy:

Sepanjang perjalanan biasa saja, belum ada kejadian wahh. Dari Jogja ke Klaten membutuhkan waktu sejam kurang, yaa karena jalannya cuma lurus meski bergelombang. untuk rute cepatnya dari Jogja, temen-temen bisa lewat Jl. Penggung – Jatinom. Kalo dari Jogja setelah melewati Masjid Al Aqsha, masih terus sampai menggunakan Jl. Klaten – Solo. Nengok kiri terus kalo sudah ketemu SMK Muhammadiyah 1 Ceper siap-siap belok kiri. Nanti lurus terus sampai ketemu Pasar Karanganom di samping kanan, ada pertigaan ke utara atau ke kanan maka belok kanan, nanti ada tulisan wisatanya pakai kayu yang ditempel di pohon. Disitu tertulis Umbul Ponggok, Mata Air Cokro dll. (aku lupa hehehe). Ikuti aja jalannya, sepanjang jalan kalo kita menengok ke arah barat (kiri) disitu kita bisa melihat dua gunung indah yang sedang bermesraan, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Setelah menemui Pasar Jeblok maka sampailah di Umbul Ponggok (kiri jalan).

20161015_075205
Yang dikira pintu masuk Umbul Ponggok, ternyata bukan 😀

Untuk parkir di area Umbul Ponggok, pengguna sepeda motor cukup membayar Rp. 2.000 saja, jangan lupa untuk tidak mengkunci stang hahahaha.. nah kalo untuk masuk ke wisatanya, kita perlu merogoh kocek Rp. 15.000 per satu orang.

20161015_074820
Tempat pembelian tiket masuk Umbul Ponggok

jadi kalo untuk berdua, cuman Rp. 30.000 bro

20161015_075520
Tiket masuk Umbul Ponggok

itu sudah plus cemilan yang cukup buat ngganjel, wait, ngganjel? :joy:

Untuk harga-harganya :

  • Beli waterproof untuk hp Rp. 20.000
  • Menyewa pelampung Rp. 7.000 dengan jaminan E-KTP / SIM
  • Menyewa alat snorkel Rp. 13.000 dengan jaminan E-KTP / SIM
  • Foto-foto di dalam air seperti yang ada di instagram Rp. 80.000 – Rp. 150.000 per 30 menit, tergantung jumlah orangnya.
  • Ganti baju / buang air kecil Rp. 1.000
  • Mandi / buang air besar Rp. 2.000
  • Untuk makanan beli sekitar Rp. 10.000 sudah kenyang

Kalo sudah masuk, bawaannya pengen langsung njegurBut wait, saranku kalo ke sana usahain sampai minimal jam 9 pagi, kalo kurang dari itu aku jameen bakal  k e d i n g i n a n. Soalnya kemarin aku sampai sana sekitar jam setengah 8, nyemplungnya jam 8 dan rasanya diingiiin banget cuy. Itu aja langsung mentas terus cari matahari dulu sambil nyemil biar rada anget dulu airnya (anget?).

Air disana dingin karena memang langsung dari sumber, dan airnya berganti terus, jadi tetep jernih. Hal itu terbukti karena di samping selatan Umbul ada tempat keluarnya air dari umbul yang akan menuju ke kali-kali yang akan digunakan untuk perairan mungkin.

Di Umbul Ponggok ini, kita bisa berenang bareng ikan, ikannya ada yang gede ada yang warna warni, uwenak pokok e.

20161015_102035
Nikmati berenang bersama ikan di Umbul Ponggok

Untuk kedalamannya di umbul ini berbeda, di area pinggir mungkin hanya sekitar satu meter lebih sedikit. Untuk ke tengah, mungkin sampai sekitar 3-4 meter. Temen-temen bisa merasakan nikmatnya berenang disini, dengan berkeliling umbul. Bagi yang belum bisa berenang atau masih takut-takut bisa menyewa pelampung dengan rincian diatas, maka nikmatilah kesegaran airnya sepuas-puasnya.

Oh iya, untuk keselamatan, sebelum nyemplung ke umbul usahain pemanasan dulu 30menit. Biar otot-otot tidak kaku dan tidak terjadi kram pada saat renang. Kemarin aku tidak melakukan pemanasan, setelah berkeliling umbul ingin balik ke tepian kakiku kram dua-duanya. Aku paksa sampai tepi lalu aku meminta tolong orang untuk mendorong kakiku supaya kramnya sedikit reda. Dan sampai saat ini kramnya masih terasa.

20161015_082654
Umbul Ponggok
20161015_093433
Aku yang kedinginan di tengah umbul

Dan akhirnya aku pun pulaang, balik ke Jogja sekitar jam 15.00 WIB karena sebelumnya istirahat dulu di Klaten, sampai rumah sekitar jam 16.15 WIB.

Sekian ceritaku kali ini, jika ada yang mau ditanyakan silahkan bertanya.

Salam !

Masih menikmati kram kaki

di Sewon, Bantul, Yk

Minggu, 16 Oktober 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s