Seminar Full Stack Javascript bersama Wonderlabs dan OmahTI

Hoeey,
Awal pekan yang sangat cerah dengan langit cerah yang menyertai pagi ini, alhamdulillah aku masih dikasih kesempatan menghirup udara segar hingga detik ini.

Jadi ceritanya kemarin aku ikut seminar pelatihan Javascript membuat chatbot menggunakan api.ai dan ReactJS. Seminarnya berlangsung dua hari, Sabtu, 4 Maret 2017 sama Minggu 5 Maret 2017 dari jam 8.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB bertempat di Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Acara tersebut diselenggarakan atas kerjasama wonderlabs dan OmahTI UGM dan yang sebagai fasilitatornya dari Wonderlabs.

Sebelum ikut seminar aku dapet info dari mentorku, masbenx yang memberi kabar bahwa Pondok Programmer mendapatkan 1 kursi untuk mengikuti seminar tersebut. Kebetulan pas sekali aku pengen belajar Javascript lebih dalem, dan teman-temanku pada gak mau ikut jadi aku putuskan untuk mendaftar kemudian ngasih info ke masbenx biar disampaiin ke panitianya. Hari itu, Kamis kalo gak salah.

Di hari sabtunya aku berangkat ke tempat acara seminar tersebut dianter temen sempet salah masuk fakultas karena banyak banget bro.. Sampai disana seperti biasa pendaftaran sambil nerima snack yang lumayan buat ganjel perut, belum (sempet) sarapan soalnya. Pas masuk ke ruangannya aku sempet minder sih, yang ikut jadi peserta seminarnya tampangnya udah pada lebih tua terus pada kuliah disini juga kebanyakan, terlebih lagi laptopnya yang kelihatannya mahal-mahal hwhaahwa..

Seperti biasa acara pertama sambutan-sambutan dari penyelenggara terus perkenalan dengan wonderlabs itu sendiri. Kemudian pas isi seminarnya di hari pertama ini diisi oleh Mas Bagus Rianto tentang api.ai buat kita membuat botnya yang disitu kita dikenalkan strukturnya seperti agent, intent dan entities yang nantinya kita akses lewat api untuk dimasukkan ke aplikasi kita.

Seminar ini menurutku sangat interaktif karena disela-sela acara terdapat quiz dengan hadiah yang banyak dan juga ada coffee break yang dapat membuat peserta tidak spaneng dengan codingannya yang kadang error 😀

Di hari kedua seminar diisi oleh mas Rijal. Di sesi kedua ini kita membahas tentang frontendnya, menggunakan ReactJS. Ini juga pertama kali aku menggunakan react. Sebelumnya udah pengen belajar tapi penyakit nanti-nanti selalu aja menghantui. Acara berlangsung seperti sebelumnya, cukup menyengkan meskipun diawal sesi aku ngantuk berat karena cuma teori aja yang disampaikan (aku gak suka teori bro) 😀

Alhamdulillah seminar ini membuatku mataku sedikit terbuka lagi bahwa teknologi ini cepat dan banyak orang yang siap mengintai kita jika kita tidak semangat belajar. Dengan terselenggaranya seminar ini aku juga belajar banyak hal, terlebih lagi bisa masuk dan merasakan suasana kampus yang dulu sangat aku perjuangkan (eaaaaa T_T).

Aku sangat berterima kasih kepada Masbenx yang sudah memberi informasi, OmahTI dan Wonderlabs yang telah memberikan tenaga, ilmu dan lain-lain yang dengan itu aku bertambah ilmu dan pengalaman.. semoga selalu diberikan keberkahan di setiap aktivitas kita semua.

Sekian postingan yang gak bermuru ini, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya 😀

Salam Olahraga!

pengen tidur lagi
Senin, 6 Maret 2017
di Ngoto, Sewon, Bantul
Yogyakarta

Leave a Reply

