Tau Waktu

Saya sangat bersyukur dulu waktu kecil dididik untuk mengenal waktu. Orang tua saya selalu mengingatkan jika sudah waktunya sholat. Saya masih ingat dulu pas masih SD, sepulang dari sekolah saya dan teman-teman berencana mancing di sungai pinggir desa. Ketika saya berangkat, ibu saya menyuruh balik untuk berganti celana. Karena waktu itu belum dzuhur, saya disuruh memakai celana yang agak panjang biar nanti pas sudah waktunya sholat bisa mampir ke Musala untuk menunaikan sholat dzuhur.

Dari hal tersebut saya terapkan dalam aktivitas harian saya sekarang -setelah bekerja. Seiring bertambahnya usia saya menyadari betapa pentingnya manajemen waktu. Kapan waktu harus bekerja, kapan waktu untuk kuliah, kapan waktu untuk bermain, kapan waktunya libur dan kapan waktunya liburan. Dan penjeda terbaik dari setiap aktivitas saya adalah waktu sholat. Seperti yang sering dibilang Ustadz Adi Hidayat di banyak cuplikan video di youtube, atur waktu kalian dengan berdasarkan waktu sholat.

waktu_untuk_bekerja
Terlihat kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya libur

Dalam skala yang lebih tinggi, dari aktivitas saya di gitlab juga menunjukkan bahwa saya tidak terlalu banyak mengerjakan sesuatu di hari libur. Hari libur bagi saya hari untuk beristirahat, hari untuk memanjakan badan setelah lelah bekerja dan belajar selama satu pekan.

Jika mungkin kalian memiliki cara yang lain untuk mengatur waktu, yuk mari didiskusikan di bawah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s