Beli Emas Batangan di Antam Ternyata Mudah

Setelah beberapa bulan lalu saya memutuskan untuk menjual semua emas elektronik yang saya miliki, selain dari pihak OJK yang belum memberikan izin juga karena ada beberapa aturan di agama Islam yang tidak memperbolehkan transaksi emas yang tidak dari tangan ke tangan secara langsung, dan juga tidak ada bendanya. Toh juga kalau kita beli emas elektronik sama aja dengan nabung di bank, di balik sana uang kita diputer lagi sedang kita gak bisa pegang-pegang emas yang kita miliki.

Pagi tadi sekitar jam sepuluh, saya mencoba pergi ke Butik Emas Antam yang berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto No.26, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Ini juga baru pertama kalinya kesana, mumpung masih pagi juga.

Awalnya saya bingung karena dari depan nampak tidak ada tempat untuk parkir, namun saat memasuki area ada petugas yang ramah memberi tahu tempat untuk parkir, juga diberi tahu kalo bisa langsung masuk lewat pintu depan.

Setelah masuk ke pintu saya langsung di sambut oleh pak satpam yang menanyakan keperluan saya.

Saya langsung bilang, “Mau beli emas pak”, bapaknya segera memberi tahu, “silakan cek dulu harganya hari ini, ini nomor antriannya pak.”

Karena pagi itu masih sepi dan tidak mengantre saya langsung di hadapan CS, yang juga langsung menanyakan keperluan saya. Langsung to the point beli emas 1 gram, kemudian saya memberikan KTP saya, untuk keperluan administrasi karena baru pertama kali saya ke Butik Emas Antam di Yogyakarta.

butik_antam

Sekitar 10 menit proses administrasi KTP saya dikembalikan, lalu saya ditanya mau pembayaran pakai apa, saya bilang pakai debit BNI. Disini selain membayar tunai juga bisa menggunakan debit Mandiri, Permata, BCA dan BRI.

Tidak lama setelah membayar saya langsung di suruh ke ruang 1 untuk penyerahan barangnya, yaitu emas antam 1 gram yang saya beli.

Di dalam ruangan saya cukup tanda tangan dan memastikan bahwa emas yang dibeli benar sesuai dengan berat dan jumlahnya. Kemudian emas diserahkan bersama faktur pembelian. Saya bisa langsung pulang.

Ternyata membeli emas batangan di Antam itu mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

emas_antam

Buat teman-teman yang masih awam soal investasi seperti saya, saya rekomendasikan untuk memulainya dengan membeli emas, meski hanya bisa 1 atau 1/2 gram perbulan, itu lebih bagus dari pada tidak ada bekas sama sekali dengan gaji yang kita terima.

Dengan investasi emas, kita juga tidak perlu takut dengan inflasi atau penurunan nilai mata uang. Harga dan nilai emas akan tetap sama. Daripada kita tabung dalam bentuk uang yang nilainya mungkin kedepannya turun, deposito yang ada ribanya, atau saham yang harus belajar banyak. Memulai nabung emas untuk kemudian digunakan untuk membeli tanah sepertinya bagus.

Untuk mengetahui harga emas terkini, bisa cek di harga-emas.org

Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Beli Emas Batangan di Antam Ternyata Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s