Harga Sebuah Kesabaran

Dalam Investasi Saham, keuntungan bisa didapat dari dua macam. Ada dua jenis macam keuntungan, yaitu capital gain atau kenaikan harga saham dan pembagian laba atau dividen.

Dividen dibagikan perusahaan biasanya setahun sekali, meskipun ada beberapa perusahaan yang membagikan dividen setahun dua kali.

Untuk perusahaan yang sudah mature dan tergolong defensif (perusahaan yang sudah tidak melakukan ekspansi) biasanya pemberian dividen atas labanya bisa sampai 80an %

sumber https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/kebijakan-dividen

Artinya untuk satu lembar saham TLKM ini pemegang sahamnya berhak mendapatkan keuntungan Rp. 154, yang mana harga per lembar sahamnya di hari ini yaitu Rp. 3.100.

Dividen bisa juga dimaknai sebagai imbalan atas kesabaran dalam memegang saham suatu emiten. Coba saja misal kita punya saham TLKM ini 1000 lembar, lalu menahannya sampai RUPS dan jadwal pembagian dividen. Pas dividen mendapatkan 154.000, kita putar terus dividennya untuk membeli saham lagi agar dividen yang didapat di tahun berikutnya semakin besar.

Semakin kita sabar, semankin menggunung dividen yang akan kita dapatkan dan ini menciptakan bola salju dari efek compoundingnya.

Itulah buah dari kesabaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s