Salahnya Pemahaman Istilah Belajar

Photo by Miguel u00c1. Padriu00f1u00e1n on Pexels.com

Kemarin pas aku pulang ke rumah di Giriwoyo, seperti biasanya di malam hari temen-temen pada kumpul di rumah, biasanya dari jam 8 sampai sekitar jam 12 tergantung sikon. Kemudian di suatu waktu, temen mas sepupuku yang orang itu (panggil saja Jono) sekarang masih SMA izin bilang mau pulang karena besok ada urusan di sekolah, dia nyeletuk, “balik sik, sesuk meh nyang sekolah enek urusan malese eram aku padahal (pulang dulu, besok mau ke sekolah ada urusan, padahal aku males banget)” terus aku nimpalin, “lha emange mapel opo?” terus dia jawab nama mapel yang aku lupa apa.

Lalu kemudian ada yang bilang, “rasah sinau lho, wong pinter ke kalah karo wong bejo (ga usah belajar, orang pinter kalah sama orang yang beruntung)“, kemudian membenarkan perkataannya, aku bilang kalo keberuntungan itu bisa diciptakan. Kebanyakan langsung nyaut, “mosok jul?“, terus aku bilang, “iyo, cobo ae googling cara menjadi orang beruntung lak enek (iya, coba aja googling cara menjadi orang beruntung nanti ada)“.

Di situ si Jono yang tadi mau pulang googling sebentar dan membaca point-point yang ada, lalu seketika ngomong, “Terus belajar. Halah wong kene ke males nek kon belajar pelajaran“, aku kemudian menjelaskan maksudnya, “Ngene lho jon, belajar ke nggon bahasa Indonesia kadang maknane salah diartekne, nek nggon bahasa inggris ke belajar enek 2, study karo learn. Nek study kui artine belajar tentang pelajaran, podo karo sing mbok pikirne kui mau enek sangkut paute karo sekolahan. Nek learn kui artine belajar yoan, cuman luwih nyang opo ae, belajar ketrampilan. Contone koe belajar nganggo hero Chang’e, belajar mapping ben macromu rodok apik ngono kui yo termasuk belajar (gini lho jon, belajar di bahasa Indonesia kadang maknanya salah diartikan, kalo di bahasa inggris belajar itu ada 2 jenis, study sama learn. Study itu artinya belajar tentang pelajaran, sama seperti yang kamu kira tadi ada sangkut pautnya sama sekolahan. Kalo learn itu artinya juga belajar cuma lebih ke apa aja, belajar ketrampilan. Contohnya (karena ini bahas Mobile Lejen) kamu belajar hero Chang’e, belajar mapping biar macromu sedikit lebih baik gitu juga termasuk belajar)

Memang sih mungkin karena makna yang diartikan berbeda, kebanyakan orang mendengar kata belajar sudah enggan duluan. Dikiranya ‘nggekeng‘ baca dan mempelajari buku pelajaran yang tidak disukainya, padahal belajar bisa apa aja.

Untungnya aku dulu sewaktu SMP sudah paham mengenai hal ini. Dulu memasuki SMP yang mana pelajaran makin banyak, guru sudah mulai berbeda-beda dengan pembawaannya masing-masing, pasti ada saja mapel yang ga aku sukai dan yasudah, sekedar menjalani yang penting bisa berhasil melewati saja. Sekolah tidak lagi mengejar ranking. Dalam pikirku percuma sih mengerjakan sesuatu yang ga disuka, membuang-buang waktu, waktu yang digunakan bisa untuk mempelajari hal yang disuka. Dulu juga pelajaran-pelajaran yang aku suka tugas-tugasnya langsung tak kerjain, latihan soalnya satu buku tak kerjain, karena memang suka.

Kebiasaan itu berlanjut sampai kuliah bahkan sekarang, kalo ngga suka ngapain dilakukan, ngapain belajar itu, mending buat ngelakuin hal yang disukai, mempelajari hal yang disukai yang diminati. Atau kalo memang harus dilakukan lakukan dengan terbaik semampunya, gak usah ngoyo.

So many things to learn, so little time ~

One thought on “Salahnya Pemahaman Istilah Belajar

  1. Sangat menarik sekali tulisannya, memang benar banyak sekali orang yang memaknai belajar itu ya belajar materi sekolah, padahal belajar itu sangat luas sekali maknanya. Kita menempuh perjalanan kehidupan juga di setiap langkahnya harus belajar banyak hal baru… Semangat menulis lagi mas Ijul, saya tunggu tulisannya yang terbaru, Salam hangat dari Rizqa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s