Langkah-langkah Perpanjang SIM di Satlantas Wonogiri

Jadi setelah pajekan motor di post sebelumnya aku langsung menuju ke Kantor Satlantas Wonogiri untuk perpanjang SIM. Sebenernya SIM ku masih berlaku hingga bulan depan, namun karena bulan depan sudah memasuki bulan Ramadhan dan daripada diundur mending sekalian aja, toh juga buat 5 tahun sekali. Kantor Satlantas Wonogiri buka dari Senin-Sabtu kecuali hari libur, di hari sabtu pelayanan juga hanya sampai jam 12 atau setengah hari.

Pertama yang harus dilakukan untuk perpanjang SIM atau bikin SIM baru tentu saja dengan melakukan sebuah tindakan konspirasi yang sudah berlangsung bertahun-tahun meski semuanya sekarang serba e- (elektronik) yaitu fotokopi KTP dan SIM yang akan diperpanjang. Kalian bisa melakukannya di seberang kantor satlantas, di sana sudah ada markas wahyudi tempat fotokopi. Sekalian saja parkir di depan sana jika membawa motor agar lebih enak. Tinggal menyerahkan KTP dan SIM anda akan diberi hasil fotokopi lengkap beserta benda-benda lainnya seperti stopmap biru dan bolpen, biaya yang dipungut 6.000 Rupiah.

Lalu selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu Kir, entah apa itu kepanjangannya. Lokasinya di belakang Kantor Satlantas Wonogiri sebelah kanan. Jadi gang di utara satlantas itu masuk nanti sebelum perempatan di sebelah kiri ada rumah kosong yang digunakan untuk Uji Kir. Map lokasi Kir Satlantas Wonogiri https://goo.gl/maps/qPrkvvJygDKw42FZ9

Lokasi Kir Perpanjang SIM di Satlantas Wonogiri

Kasih dokumen berstopmap biru tadi dan serahkan ke petugas Kir, lalu duduk sampai dipanggil. Pas dipanggil bakal langsung disuruh menimbang berat badan dengan tidak menggunakan alas kaki, lalu melakukan tes buta warna yang disuruh menyebutkan suatu angka. Jika kamu tidak melihat suatu angka di situ maka bilang aja ga ada angkanya. Biaya untuk Kir ini sebesar 50.000 Rupiah, entah karena weekend atau tidak karena katanya ada juga yang bilang biayanya cuman 35.000 Rupiah, jadi siapin 50.000 Rupiah aja buat jaga-jaga.

Setelah Kir, yang perlu dilakukan yaitu tes psikologi, lokasinya di sebrang kantor satlantas dan masuk ke dalam lorong dekat tempat fotokopi

tempat tes psikologi sim satlantas wonogiri

Di sana melakukan pendaftaran dengan memberikan semua dokumen di stopmap biru tadi dan membayar 50.000 Rupiah lalu akan diberikan lembar jawab dan soal dan diberi waktu 10 menit untuk mengerjakan soal berjumlah 20. Jawaban dari soalnya yaitu tinggal mencentang benar atau salah, di setiap soal sudah tersedia jawabannya jadi tinggal mengulang mencentang di lembar jawab. Siasat ini dilakukan mungkin untuk menanggulangi antrian yang panjang, biar yang melakukan test psikologi cepat selesai. Setelah selesai menjawab serahkan lagi soal dan jawaban tadi ke petugas pendaftaran lalu tunggu di luar ruangan.

Luckily, di hari itu juga ternyata temennya Adya ada juga yang sedang melakukan perpanjang SIM, salah satunya Prita. Prita ini ternyata adalah temennya dari temen-temenku (dunia sempit) yang juga jadi temen ngobrol sepanjang proses perpanjang SIM.

Setelah dipanggil dan lolos tes psikologi aku langsung disuruh untuk ke pendaftaran perpanjangan SIM di Kantor Satlantas Wonogiri. Mungkin karena hari mulai siang, karena katanya biasanya masih ada tes menggambar.

Tempat penyerahan SIM lama untuk perpanjang SIM berada di dalam area kantor satlantas, yang ruangannya lumayan sempit dan pendek dengan atap asbes. Biasalah, kasih stopmap baru beserta identitas diri KTP dan SIM ke petugas nanti akan diberikan kalung penghormatan, lalu tunggu dipanggil. Setelah dipanggil lalu masuk ke ruang penyerahan data yang letaknya masuk ruang di sebelahnya.

ruang penyerahan SIM lama

Pas masuk pertama bayar dulu ke bagian keuangan yang loketnya paling ujung kanan, jangan lupa sambil bilang kalo mau perpanjang SIM, soalnya aku kemarin salah input bukan perpanjang tapi buat ulang yang berbuntut harus foto ulang pada saat sudah antri panjang mau foto. Beruntungnya bertemu dengan petugas yang baik, aku cuman disuruh ganti status dari pembuatan baru ke perpanjangan.

tempat registrasi perpanjang SIM

Biaya untuk perpanjangan SIM C yaitu 75.000 Rupiah, setelah bayar lalu kasih ke petugas disebelahnya jika akan perpanjang SIM.

Setelah itu akan diberi nomor antrian untuk foto SIM.

nomor antrian foto SIM di Satlantas Wonogiri

Mohon bersabar ini ujian, saya dapat nomor 87 sementara nomor yang sedang berlangsung yaitu 26, saking gabutnya aku menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai nomorku dipanggil

menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dipanggil foto SIM di Satlantas Wonogiri

Sementara itu, Prita berada di antrian 98, padahal dia lebih dulu yang melakukan registrasi. Kenapa ini bisa terjadi? Karena aku tadi salah, daftarnya ke registrasi SIM baru dan antrian pendaftarannya lebih cepat jadi dapat nomor antrian lebih cepat. Antri untuk foto SIM ini kurang lebih selama satu jam.

Setelah dipanggil foto dan selesai foto aku disuruh tes mengendara, nah disini aku bilang ke petugas dan petugasnya mengarahkan aku untuk menghapus data dan membuat ulang data untuk perpanjang SIM. Semoga lancar rezekinya ya pak, udah bantuin. Akhirnya aku balik lagi ke ruang registrasi dan dibantu bapak petugas yang berbeda untuk mengganti status pembuatan baru menjadi perpanjangan. Padahal oleh petugas sebelumnya aku sempet dibuat kesal karena setiap kali petugasnya menginput datanya salah dan aku benarkan malah semakin tidak mau dibenarkan dan asal cepat saja.

Di ruang foto kebetulan juga pas Prita dipanggil dan dia menguak sesungguhnya kejadian yang terjadi. Di ruang foto yang dilakukan yaitu foto, tanda tangan dan pengambilan sidik jadi yang mana kebanyakan sidik jari yang diambil adalah sidik jari petugas. Gakpapa sih biar cepet, soalnya error terus jarinya basah kelamaan nunggu antrian.

Setelah selesai sesi foto model, lalu keluar ke ruangan penyerahan SIM dan KTP tadi. Serahkan kartu yang dikasih oleh petugas di ruang foto dan kalung emas sing ono gulumu lalu duduk sembari menunggu dipanggil untuk mendapatkan SIM yang baru.

Karena pas nunggu SIM barunya jadi ini lumayan lama, jadi aku sempet ngobrol sama Prita.

Rincian Biaya Perpanjang SIM di Satlantas Wonogiri yaitu:

  • Fotokopi KTP dan SIM + stopmap biru + bolpen Rp. 6.000
  • biayar Kir Rp. 50.000
  • biaya tes psikologi Rp. 50.000
  • biaya perpanjang SIM C Rp. 75.000

Jadi totalnya Rp. 181.000 + 2rb parkir wkwk

Setelah dipanggil maka akan dikasih oleh petugas SIM baru yang sudah jadi sama KTP yang digunakan untuk mendaftar tadi.

Total waktu yang dibutuhkan untuk perpanjang SIM sekitar 2-3 jam dan paling lama di saat menunggu antri foto. Estimasi waktu bisa berubah-ubah tergantung di hari apa datangnya, mungkin karena aku datangnya weekend jadi rame.

Karena sudah selesai dan capek akhirnya aku dan Adya berpisah dengan kedua temannya tadi lalu melanjutkan petualangan ke Kota Solo untuk mencari pakan the beast inside me, Mie Gacoan!

Mie gacoan, makan berdua yang satu untuk the beast inside me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s