Gagasan Tentang Saat Menjadi RT

Photo by Zen Chung on Pexels.com

Jadi ceritanya aku barusan nonton salah satu video dari channel Ngomongin Uang tentang bagaimana jika setiap orang semuanya dikasih uang. Dari situ intinya kebijakan tersebut ternyata memiliki dampak positif yaitu bisa ngurangin kemiskinan karena kebutuhan pokok (basic needs) setiap orang sudah diberi.

Dari situ saya berpikir bagaimana jika suatu saat nanti ketika aku udah jadi ketua RT, menerapkan kebijakan itu. Bantuan yang akan diberikan mungkin dalam bentuk beras, karena semua warga pastinya butuh beras. Dan untuk kualitas beras pastinya tidak yang buruk, karena bisa membeli dari warga di RT tersebut yang profesinya sebagai petani dengan harga beli yang layak, sehingga perputaran ekonomi juga bisa berlangsung disana.

Untuk agar tidak salah penggunaan, setiap beras yang dikasih tidak boleh dijual-belikan dan warga yang melanggar akan diberhentikan bantuan berasnya.

Tapikan pasti mereka menjual beras itu ada sebabnya?

Nah sebagai kepala RT yang baik mungkin akan lebih bijak kalau kita bisa dengan baik mendengarkan masalah yang dihadapi warganya. Jadi saat diberitahukan larangan terhadap menjual-beli beras bantuan tersebut, kita juga menawarkan agar jika ada masalah yang dihadapi di orang tersebut kita bantu cari solusinya. Ini bukan berarti kita merecoki atau ikut campur masalah orang lain, tapi karena setiap orang itu punya cara pandang yang berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah dan kita juga perlu tau akar penyebab masalah (root cause) kenapa orang ini sebegitunya sehingga mau menjual beras bantuan.

Dananya darimana?

Itu yang masih saya pikirkan hahaha. Kebutuhan bantuan ini mungkin akan sebanyak jumlah rata-rata konsumsi beras harian x dengan jumlah orang dalam suatu KK x 30 hari, jadi per KK mendapatkan jumlah beras yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya (ini masih saya pikirkan lagi apakah cukup adil atau tidak).

Ini baru gagasan pikiran saja, aku menulis ini buat pengingat biar ga hilang begitu saja, sayang kalau buah pikiran tidak dicatat. Barangkali juga bisa menginspirasi yang lain. Atau barangkali ada yang sependapat, kurang sependapat, dan perlu didiskusikan, ayo berdiskusi di kolom komentar.

Sekarang waktunya aku mikir lagi gimana biar bisa cepet pensiun dan jadi ketua RT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s