Bayar Pajak Motor di Samsat Wonogiri

Aku kemarin ke Samsat Wonogiri di hari sabtu, ternyata kantornya buka. Bukanya dari jam 8 tapi katanya cuman sampai setengah hari. Sebenarnya di Baturetno juga ada samsat pembantu, tapi aku ke Samsat Wonogiri untuk menanyakan apakah plat nomorku di tahun sebelumnya sudah bisa diambil.

Saat masuk ke ruang kantor, di sebelah kanan langsung ditanya petugas apa keperluan saya ke sini, aku jawab “mau bayar pajak tahunan”, terus petugas menanyakan “perlu ganti plat tidak?” maksudnya bayar yang 5 tahunan itu, aku jawab tidak dan memberi tahu STNK dan kartu identitas sesuai yang tertera di STNK. Yang wajib dibawa 2 itu ya, STNK dan kartu identitas yang sesuai di STNK, karena kalo tidak sesuai tidak bisa. Kemarin aku juga denger kalo pakai KK pemilik identitas sesuai STMK juga bisa.

Lalu aku diberi nomor antrian dan ditunjukkan ke loket yang digunakan untuk membayar pajak, aku kemarin letak loketnya di paling ujung kiri ruangan. Di situ aku duduk sambil menunggu nomor antrian dipanggil, biasanya kemarin pemanggilan nomor antrian setiap 5 nomor, jadi lebih cepat.

Setelah nomor dipanggil aku menuju ke loket sambil menyerahkan STNK dan kartu identitas, jika identitasnya sesuai maka bisa duduk lagi menunggu dipanggil kembali untuk membayar. Proses pengerjaannya cepat sekali, sekitar 10 menit aku dipanggil lagi untuk melakukan pembayaran dan mengambil STNK yang baru. Ohiya, biasanya pemanggilannya sesuai dengan nama identitas ya. Biasanya jumlah pajak yang harus dibayarkan juga tidak jauh dari nominal sebelumnya. Siapin saja dana lebih buat jaga-jaga. Aku sendiri kemarin cuman habis Rp. 179.000, motor butut yang aku pajeki wkwk

Setelah sudah mengambil STNK dan kartu identitas sebenarnya sudah bisa pulang, tapi karena saya mau ambil plat maka aku diarahkan untuk ke ruang TNKB, letak ruangnya di belakang ruang yang digunakan untuk pajak tadi dan dekat kantin. Namun ternyata karena sudah 6 bulan lewat, plat nomorku sudah dikirim ke Samsat Baturetno dan bisa diambil di sana. Berarti rencanaku untuk sekalian ambil plat nomor di Samsat Wonogiri ga bisa, karena platnya sudah ga ada wkwk

Sekian semoga bermanfaat

One thought on “Bayar Pajak Motor di Samsat Wonogiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s